Profile


Sejarah UD. Kencono Wungu
UD. Kencono Wungu pada awalnya adalah sebuah unit usaha dalam bentuk Mini Market yang terletak di jalan Gatot Subroto No. 88, Probolinggo yang diberi nama Halmart. Dalam perjalanannya Halmart tidak bertumbuh secara signifikant sebagai Mini Market lokal yang tentu saja pada saat itu memiliki pesaing-pesaing yang sudah berlevel Nasional antara lain Alfa mart, Indomart bahkan Giant Supermarket. Oleh sebab itu mengetahui pertumbuhan Mini Market yang kurang bisa mengikuti gerak langkah pesaing, maka ditahun  2007 Halmart segera digantikan fungsinya yang sebelumnya adalah Mini Market, kini dijadikan sebagai toko grosir Alat Tulis kantor dengan nama UD. Kencono Wungu. Serta dipercaya oleh supplier yang jumlahnya ratusan yang antara lain diantaranya adalah PT. Sinar Surya Indah Sentosa, UD. Surya Indah, Sumber Lestari, PT. Surya Citra Utama Mandiri, Natalin, Sinar Mandiri, Utama Mandiri, PT. Solo Murni, Surya Pratama, CV Buana Mas dan Anugerah.
Dalam 5 tahun terakhir UD. Kencono Wungu yang dirancang sebagai toko grosir terus berkembang setelah pola penjualan toko tidak menggunakan cara konvensional saja, yaitu menunggu bola. Melalui beberapa pengetahuan yang dimiliki, pemilik dengan segenap keberaniannya kemudian menambah pola penjualan toko tidak hanya dengan menunggu bola, tetapi dilakukan pula dengan cara jemput bola. Dengan menggunakan Salesman sebanyak 3 orang, UD. Kencono Wungu mulai mendistribusikan produk-produknya ke konsumen. Wilayah pendistribusian produk mix dari berbagai aneka supplier antara lain : Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan.
Tantangan dalam memasarkan produk mix sangat luar biasa, sebab tidak hanya UD. Kencono Wungu yang melakukan penjualan dengan cara jemput bola, bahkan para supplier yang menjadi mitranya juga mengerjakan wilayah yang sama. Hal ini tentu saja memberikan landasan berpikir untuk mulai melakukan pencarian mitra kerja yang secara wilayah penjualan menunjuk secara resmi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau saling bersaing tidak sehat dengan harga yang tidak memiliki standard.
Pada tahun 2012 di bulan Juli salah satu produsen ATK dengan merek Faber Castle melihat peluang bermitra dengan UD. Kencono Wungu yang sudah memiliki armada penjualan.   Maka, setelah pihak management Faber Castle menawarkan peluang kerja sama tersebut, UD. Kencono Wungu tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Akhirnya pada tahun yang sama didirikan perusahaan Distributor dengan nama yang sama UD. Kencono Wungu, secara resmi menjadi Distributor ATK merek Faber Castle untuk wilayah Probolinggo dan Lumajang. Namun demikian, setelah Faber Castle bergabung dengan UD. Kencono Wungu masuk pula produk ATK lainnya berasal dari berbagai perusahaan antara lain : PT. Aneka Andalan Asia, serta lainnya yang diharapkan dalam 2 tahun kedepan sudah ada 6 Principal yang berada di bawah payung perusahaan Distribusi UD. Kencono Wungu.
Visi
UD. Kencono Wungu akan mewujudkan diri sebagai perusahaan distributor profesional terbaik dengan system manajemen profesional dan memfokuskan diri pada produk-produk berkualitas untuk kebutuhan konsumen.
Misi
UD. Kencono Wungu dalam mewujudkan visi berupaya bermitra dengan Principal-Principal yang memiliki produk berkualitas. Serta untuk meningkatkan system managemen secara terus menerus UD. Kencono Wungu akan menyediakan SDM-SDM terbaik dan handal, khususnya dalam penyediaan produk dan layanan konsumen dengan cara mendistribusikan produk serata mungkin sehingga konsumen mudah mendapatkannya.
Nilai-Nilai Budaya
1.       Profesional
2.     Jujur
3.      Berorientasi sosial
4.     Ada rasa memiliki
5.     Terbuka untuk saling berbagi
6.     Mengakui kelemahan diri sendiri
7.     Saling Menghargai
8.     Kerja sama
9.     Gigih dan tangguh
10.   Berorientasi pada pertumbuhan (kemajuan)
11.     Belajar untuk hal-hal baru
12.   Menaruh hormat pada pesaing

Target Penjualan
Principal
Target
Faber Castle
Rp 70.000.000,-
Mix Produk (Berbagai Supllier)
Rp 300.000.000,-
Lain-lain
Rp 200.000.000,-

Target Banyaknya Principal
1.       Tahun pertama dan kedua diharapkan sudah ada 6 Principal yang bergabung dengan UD. Kencono Wungu.
2.     Produk yang diharapkannya adalah produk ATK, FMCG (Fast Moving Consumer Good) dengan jenis Non Food seperti: Sanitary Napkin (Tisue, Baby Diapers, Adult Diapers) atau produk Non Food lainnya.
Planning 5 tahun ke depan
1.       Mempertahankan kerja sama dengan para Mitra yaitu Principal.
2.     Membuat produk private label khususnya produk ATK.
Wilayah Pemasaran
UD. Kencono Wungu akan memaksimalkan pengerjaan wilayah : Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang.
Kelengkapan penjualan dan Pemasaran
Untuk menunjang semua aktivitas yang ada di distributor UD. Kencono Wungu telah mempersiapkan system managemen dan kelengkapan lainnya, antara lain :
Item
Uraian/Jumlah
Armada delivery
1 Unit Panther, 1 Unit Pick Up dan Three Wheeler
Sales People
4 Orang ( 2 Salesman, 1 Sales Supervisor, 1 Operation Mgr)
Admin Support
3 Orang (Admin Gudang, Accounting, Sales Admin)
IT/ Soft Ware Accounting
Zahir Accounting
System management
Struktur Organisasi Job Description Job Specification

SOP (Standard Operating Procedure) Filling AR    

Surat perjanjian (MOU)Mapping Wilayah Data Base

Accounting        Logistic          
Promosi perusahaan
Web blog                 Facebook         Tweeter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar