Sejarah UD. Kencono Wungu
UD.
Kencono Wungu pada awalnya adalah sebuah unit usaha dalam bentuk Mini Market
yang terletak di jalan Gatot Subroto No. 88, Probolinggo yang diberi nama Halmart.
Dalam perjalanannya Halmart tidak bertumbuh secara signifikant sebagai Mini
Market lokal yang tentu saja pada saat itu memiliki pesaing-pesaing yang sudah
berlevel Nasional antara lain Alfa mart, Indomart bahkan Giant Supermarket.
Oleh sebab itu mengetahui pertumbuhan Mini Market yang kurang bisa mengikuti
gerak langkah pesaing, maka ditahun 2007
Halmart segera digantikan fungsinya yang sebelumnya adalah Mini Market, kini
dijadikan sebagai toko grosir Alat Tulis kantor dengan nama UD. Kencono Wungu. Serta
dipercaya oleh supplier yang jumlahnya ratusan yang antara lain diantaranya
adalah PT. Sinar Surya Indah Sentosa, UD. Surya Indah, Sumber Lestari, PT.
Surya Citra Utama Mandiri, Natalin, Sinar Mandiri, Utama Mandiri, PT. Solo
Murni, Surya Pratama, CV Buana Mas dan Anugerah.
Dalam
5 tahun terakhir UD. Kencono Wungu yang dirancang sebagai toko grosir terus
berkembang setelah pola penjualan toko tidak menggunakan cara konvensional saja,
yaitu menunggu bola. Melalui beberapa pengetahuan yang dimiliki, pemilik dengan
segenap keberaniannya kemudian menambah pola penjualan toko tidak hanya dengan
menunggu bola, tetapi dilakukan pula dengan cara jemput bola. Dengan
menggunakan Salesman sebanyak 3 orang, UD. Kencono Wungu mulai mendistribusikan
produk-produknya ke konsumen. Wilayah pendistribusian produk mix dari berbagai
aneka supplier antara lain : Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan.
Tantangan
dalam memasarkan produk mix sangat luar biasa, sebab tidak hanya UD. Kencono
Wungu yang melakukan penjualan dengan cara jemput bola, bahkan para supplier
yang menjadi mitranya juga mengerjakan wilayah yang sama. Hal ini tentu saja
memberikan landasan berpikir untuk mulai melakukan pencarian mitra kerja yang
secara wilayah penjualan menunjuk secara resmi, sehingga tidak terjadi tumpang
tindih atau saling bersaing tidak sehat dengan harga yang tidak memiliki
standard.
Pada
tahun 2012 di bulan Juli salah satu produsen ATK dengan merek Faber Castle
melihat peluang bermitra dengan UD. Kencono Wungu yang sudah memiliki armada
penjualan. Maka, setelah pihak management Faber Castle
menawarkan peluang kerja sama tersebut, UD. Kencono Wungu tidak menyia-nyiakan
peluang tersebut. Akhirnya pada tahun yang sama didirikan perusahaan
Distributor dengan nama yang sama UD. Kencono Wungu, secara resmi menjadi
Distributor ATK merek Faber Castle untuk wilayah Probolinggo dan Lumajang.
Namun demikian, setelah Faber Castle bergabung dengan UD. Kencono Wungu masuk
pula produk ATK lainnya berasal dari berbagai perusahaan antara lain : PT.
Aneka Andalan Asia, serta lainnya yang diharapkan dalam 2 tahun kedepan sudah
ada 6 Principal yang berada di bawah payung perusahaan Distribusi UD. Kencono
Wungu.
Visi
UD.
Kencono Wungu akan mewujudkan diri sebagai perusahaan distributor profesional
terbaik dengan system manajemen profesional dan memfokuskan diri pada produk-produk
berkualitas untuk kebutuhan konsumen.
Misi
UD.
Kencono Wungu dalam mewujudkan visi berupaya bermitra dengan
Principal-Principal yang memiliki produk berkualitas. Serta untuk meningkatkan
system managemen secara terus menerus UD. Kencono Wungu akan menyediakan
SDM-SDM terbaik dan handal, khususnya dalam penyediaan produk dan layanan
konsumen dengan cara mendistribusikan produk serata
mungkin sehingga konsumen mudah mendapatkannya.
Nilai-Nilai Budaya
1.
Profesional
2.
Jujur
3.
Berorientasi
sosial
4.
Ada rasa memiliki
5.
Terbuka untuk
saling berbagi
6.
Mengakui kelemahan
diri sendiri
7.
Saling Menghargai
8.
Kerja sama
9.
Gigih dan tangguh
10.
Berorientasi pada
pertumbuhan (kemajuan)
11.
Belajar untuk
hal-hal baru
12.
Menaruh hormat
pada pesaing
Target Penjualan
|
Principal
|
Target
|
|
Faber Castle
|
Rp 70.000.000,-
|
|
Mix Produk (Berbagai Supllier)
|
Rp 300.000.000,-
|
|
Lain-lain
|
Rp 200.000.000,-
|
Target Banyaknya Principal
1.
Tahun pertama dan
kedua diharapkan sudah ada 6 Principal yang bergabung dengan UD. Kencono Wungu.
2.
Produk yang
diharapkannya adalah produk ATK, FMCG (Fast Moving Consumer Good) dengan jenis
Non Food seperti: Sanitary Napkin (Tisue, Baby Diapers, Adult Diapers) atau
produk Non Food lainnya.
Planning 5 tahun ke depan
1.
Mempertahankan
kerja sama dengan para Mitra yaitu Principal.
2.
Membuat produk
private label khususnya produk ATK.
Wilayah Pemasaran
UD.
Kencono Wungu akan memaksimalkan pengerjaan wilayah : Probolinggo, Pasuruan dan
Lumajang.
Kelengkapan penjualan dan Pemasaran
Untuk
menunjang semua aktivitas yang ada di distributor UD. Kencono Wungu telah
mempersiapkan system managemen dan kelengkapan lainnya, antara lain :
|
Item
|
Uraian/Jumlah
|
|
Armada delivery
|
1 Unit Panther, 1 Unit Pick Up dan Three Wheeler
|
|
Sales People
|
4 Orang ( 2 Salesman, 1 Sales Supervisor, 1
Operation Mgr)
|
|
Admin Support
|
3 Orang (Admin Gudang, Accounting, Sales Admin)
|
|
IT/ Soft Ware Accounting
|
Zahir Accounting
|
|
System management
|
□ Struktur Organisasi □ Job Description □ Job Specification
|
|
|
□ SOP (Standard Operating
Procedure) □ Filling AR
|
|
|
□ Surat perjanjian (MOU)□Mapping Wilayah □Data Base
|
|
|
□ Accounting □ Logistic □
|
|
Promosi perusahaan
|
□ Web blog □ Facebook □ Tweeter
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar